Selasa, 02 Februari 2016

MAKALAH ANIMASI SOFTWARE BLENDER “ANIMASI ,AKIBAT MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN”



MAKALAH ANIMASI SOFTWARE BLENDER
“ANIMASI ,AKIBAT MEMBUANG SAMPAH      SEMBARANGAN


Disusun Oleh :
Kelompok 9
“Animasi ,  Akibat Membuang Sampah Sembarangan  ”
Alvin Sulvian                      50413743
Arif Rachman                     51413331
Junio Rohimton                  54413735
Muchamad Rizky A           55413667

KELAS 3IA04
          FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik (Softskill)
Dosen : Ibu Yuli Maharetta Arianti
ANIMASI ,AKIBAT MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN





Pendahuluan

Saat ini banyak bermunculan produk-produk animasi 3D. Banyak program tayangan di televisi memberi tayangan film-film kartun 3D, animasi kartun yang dulunya hanya 2D sekarang ini dapat kita saksikan dirubah menjadi bentuk kartun 3D. Iklan-iklan yang biasanya di siarkan-pun akhir-akhir ini banyak ditampilkan animasi-animasi bentuk 3D. Begitu pula produsen-produsen game terkemuka yang memang lebih dulu mencicipi dunia 3D, semakin gencar menciptakan produk-produk game yang kian hari animasinya terasa semakin nyata. Mungkin tak ada salahnnya apabila saat ini disebut sebagai era 3D.

Dari fenomena di atas penulis ingin menjelaskan suatu aplikasi yang  dapat digunakan untuk membuat bentuk – bentuk 3D yaitu aplikasi blender.aplikasi ini sudah dikenal oleh halayak ramai oleh karena itu tidak ada salah nya untuk lebih menngetahui tentang apa itu aplikasii blender.



Agar kita lebih mengetahui apa itu aplikasi blender dan untuk mengetahui bagaimana caranya untuk membuat bentuk – bentuk 3D itu kita harus mengetahui :
1.      Apa itu aplikasi blender ?
2.      Bagaimana sejarah Aplikasi Blender ?
3.      Apa saja yang terdapat pada apikasi blender ?
4.      Apa kelebihan aplikasi blender ?




PEMBAHASAN

A.   PENGERTIAN
Jika dahulu membuat animasi membutuhkan aplikasi yang mahal dengan tingkat kerumitan yang tinggi, kini hal tersebut bisa diatasi dengan hadirnya Blender.Aplikasi yang namanya mirip peralatan dapur ini menawarkan penggunaan yang lebih mudah dan gratis pula.Pengertian mudah di sini memang bukan berarti segampang menggunakan aplikasi seharihari, tapi tetap saja, jika dibandingkan dengan aplikasi terdahulu yang membutuhkan skill tinggi, Blender menawarkan penggunaan yang lebih mudah.

Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System).Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).

Blender adalah gratis, open sourcegrafis 3D aplikasi yang dapat digunakan untuk modeling , UV membuka bungkusan, texturing, rigging , air dan simulasi asap, menguliti , animasi , rendering, partikel dan lain simulasi , non-linear editing , compositing, dan membuat interaktif 3D aplikasi, termasuk video game, film animasi, atau efek visual. fitur-fitur Blender termasuk alat simulasi canggih seperti kaku, realistis, tubuh, kain dan dinamika fluida softbody, berdasarkan pemodelan alat-modifier, animasi karakter tools canggih, sebuah bahan berbasis node dan sistem compositing dan Python untuk scripting tertanam. Dirilis sebagai perangkat lunak bebas di bawah GNU General Public License, Blender tersedia untuk sejumlah sistem operasi , termasuk GNU / Linux , Mac OS X , FreeBSD , OpenBSD dan Microsoft Windows .
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

B.   Sejarah

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo.NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa.Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.


Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender.Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo.Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer
yang umum.


Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu.Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher.Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif.Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup.Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.


Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation.Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source.Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.


C.   Fitur – fitur

Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000
download dari rilis masing-masing.




Fitur termasuk:
·    Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
·    Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
·    Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
·    Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
·    UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
·    Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
·    Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
·    Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
·         Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
·         Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
·         Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
·         Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendaH
D.   Konsep dasar
Dalam project kelompok kami kali ini kami akan membuat sebuah animasi menggunakan blender, gambaran dari inimasi yang akan kami buat adalah bertema sosial diamana dalam animasi tersebut ada seorang manusia yang membuang sampah sembarang, padahal di sana terdapat tempat sampah, setelah itu si tempat sampah memakan orang yang membuat sampah sembarangan tersebut, di dalam animasi tersebut terdapat pesan sosial dimana kita sebagai manusia yang baik harus membuang sampah pada tempatnya agar lingkungan kita tidak kotor. Berikut adalah cara membuat animasi dan teknik-teknik yang digunakan dalam pembuatan animasi tersebut
E.   Tahapan pembuatan animasi
          Pertama dalam pembuatan animasi kita buka software blender  terlebih dahulu.
Dalam pembuatan animasi ini kita membutuhkan beberapa objek diantaranya tempat/wilayah, orang, dan tempat sampah.
Pertama saya akan menjelaskan objek manusia, dalam pembuatannya agar bisa bergerak digunakan proses rigiing,pertama disini kita memerlukan objek manusia terlebih dahulu.


Pertama kita membuat Cube Dengan menekan tombol Shift + A à pilih cube

Selanjutnya di potong menjadi dua bagian CTRL + R


Lalu di Hapus agar langkah selanjutnya bias membuat lebih mudah EDIT MODE yaitu di mirror seperti gambar dibawah ini







Setelah objek sudah ada, kita gunakan teknik rigging, teknik rigging sendiri  adalah proses pemberian tulang pada objek agar objek tersebut dapat digerakan sesuai dengan tulang tersebut, rigging biasanya digunakan dalam objek hidup seperti manusia binatang dan character lainnya.

Untuk membuat tulang pilih add-amature-single bone dan akan muncul seperti gambar dibawah ini

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2TKGpF9wgBgr6td1vCaya_h_OVnzNksQP2qO4gYNseZsY04opuzoYNmkzCqga0QKXs0kLOvLe2oS1QmPFEAXixIpFb0esw2oUWIJAOSKrLd8TI8ZylmEyTZ-onucTX3naVkYfr4F0L3c/s320/17.png

Setelah tulang muncul gunakan teknik extrud dengan menekan “E” dan tarik pada sumbu yang di kehendaki, teknik extrude sendiri adalah teknik percabangan dalam blender. Cocokan tulang sesuai sendi yang ingin kita buat , setelah selesai maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLeQIK79celfh4PlRJ_OFnqADtxoTes8x2c3zoU4K7auSZvh1HxLmmZJplc-2YQFMpm0RhT8jOKleAqULckEG4pz9IoHPqw3PiIDqHMOkMM-o7-mnwstqj3cok4oSCJ61av_2fCQAHj1s/s320/18.png


Setelah tulang terbuat semua selanjutnya kita harus menyatukan objek manusia dengan tulang yang telah kita buat sebelumnya, pertama kita blok objek manusia lalu shift dan blok lagi tulanya, dan klik ctrl+p dan pilih with automatic weight seperti pada gambar dibawah ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPkXQT9HiL3tYV3Cgk8BjVpU_yCe671Ays07cQ61zd28wswuW3O0sDnOtQ8vqHHna4Z15h1p1QEW5oYAovgfWbihETb43_tXjfuuvkMMdgxJ0NeuqgBHJQ_9BV4PhXQCeLPNPWbjpTwZU/s320/19.png

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi1BC8SeZ4nHPajUBEOxzDC3-f0lkUqr9zdzOdCq4nXdR_Yubh19ZCz0ozN5XDJ1uK69rGBMig8tuoNHfrWShKNPMSdWcSrBi22tqqhNJz6rv3I5Q9b-8o2QDx-tBhrEprpTxo-q3Uuh7g/s320/20.png
Maka siaplah kita untuk menggerakan objek tersebut, untuk memulai menggerakan objek pertama masuk ke pose pose modehttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCbD9Zv42ovip8Y31yWdQzyBf4lDOl9ISjrjOU7wc0jXaKtT0cW8HnrJuuiihqjQzF3vMHSyG9AcqmvFtN-ykN1kx-hLmIXs3mhXO93toz_5YgWIw6kkpXnH5gVke1NIoyOAg2FcEX8Fo/s320/21.png
Pertama kita harus memperhatikan frame diatas, yang berfungsi sebagai waktu seberapa lama kita bergerak
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0zwhVaj04ovVxq5Gk5n00S_gB0FqoLT7DPVpX9bwPKHgGAATM8Ws4dcIAqtcFPSe6-gvbV7GV4Mx94rm1WkiEA9v6OiHtlqkIbcyPnRlu8lV7YHH8ZE7ZIJDxv1M7nt8AuCNNNMfh11g/s320/22.png

Setelah masuk ke pose mode kita pilih tulang yang ingin di gerakan atau diubah posisinya, ketikan “R” untuk rotasi dan pilih sumbu yang di inginkan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfHI5bMy2UniHjhXf3LVHOf7M75h_J1ZST08b-3R4izQ-T5Vx0o0CQhQuWwvp1KMHZiuuzweGl6UJXFVu1EMjhWDXS23V_9X0DsA_RoJBUJhOrrq2dyfuO163pxM-vrPpn6ExB7odmiPQ/s320/23.png


Setelah pergeseran selesai klik I dan pilih locrotscale untuk mengunci pergerakan yang telah kita buat sebelumnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh-UZUodZejGTPS7vHyTbnPW5ww02wjPt17HLT18vzd9QEUuX0srjaoFRLnUuVnzr43liED7EwyhjHGGZuPhN936ro58qj0aKcS_3XKqCoMM2PuaAkEtiqa_9Ufl_vYUp9OeEcAsoqw8Is/s320/24.png


Setelah proses proses rigging selesai kita perlu mewarnai objek tersebut, untuk mewarnai onjek pertama pilih material lalu pilih “+” pilih warna pada diffuse setelah itu blok bagian yang ingin diwarnai dan pilihh assign


Membuat temoat sampah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYPHaFgSxraAF_OknEcFvG1qZF6xcoUFzdGWnjVAVLeru92OxzD24eTxknkU04Amoujz8uBOGkROlqGk2jZV5NXCMqsdnrVPjadK6-xcgD21GsFT_DSsy4SUAmseVuix1ov6iPTT3J7DI/s320/25.pngDalam pembuatan tempat sampah sebenarnya sama dengan objek kebanyakan yaitu berasal dari cube,ada beberapa cube yang dibutuhkan yaitu untuk membuat penutup,wadah dan rodah dan beberapa teknik yang digunakan didalamnya yaituhttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSkPyWkjGdzxAM2EBM3kSHzh_OsNFlR17ep7T4nWx76HVBVimYDP71plxOnnivpF8nGzETvGmYAqolHEdMvRcTbiBVH_DVEnc2hxezL3BNFH4X7GRTzDfcnPDtYPQilTCTLO1CmO4sTW8/s320/26.pnghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiW4a__wNLVn6vWrNj9yvJx6kkM4uXcknyyZ8czmS3lGmYHfp61bRrmUGgonJtaaL2lc_DcNN6y0EmyBRLJRL4-gr_sxyXb1fsTyqe9Xje6FXnF40VdZZa8U5g1ryxh5obZqmqP_KS3IM/s320/27.png


Objek tersebut dinamakan Plane langkah awal membuat jalanan
Pertama buat objek shift + a mesh pilih plane diskala
Dan di edit mode tombol CTRL + R di gari beberapa bagian menjadi gambar dibawah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhC_cf7jiE3PCpDMeJiLU__vGJilrwzYmq0C8Lp32GYfSSFv7FnB8YiLL9Wgtb7YJPi-WUKEoT6jstWOMVcmZpVL61beTNWBHK_V7K2LlaycoH12vLUrPmbPbg6aswsN9uh1V30Y_mWRo4/s320/28.png


Selanjutnya jalanan tersebut di buat banyak atau di perpanjang seperti jalanan pada umumnya, properties pilih add modifier array masukan angka pada Count 3
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjY0LDa9M3964tDv-M_jZArTAvkLeFaFyEW6Q2ygLeRBzG4pLDKF1LeWI_i5e7FyNVQFbPLBMAihYCMFQOSkeNy4_rQd_Sn1JUDRw23qRa53SFx0lM5JfmQJUMhV6Qee_NM1BppUEOaqqU/s320/29.png

Langkah berikut nya di buat mirror jalanan tersebut agar menjadi efek real saat di buat animasi 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1bjYL3H9lvuQH8xWNwU9AABATna12ugJ9fMRenrX8m3U-byRcmqwDeVI88Ryz3SuPvQEdy69DYrYuO3WeROALybNLVU0iyqOd7I5pr4jNltemDQOya_USP2iFHhXGoO3KH7qfABM6rJQ/s320/30.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9m35_CUzN9GoGZX-sDqsNsquLx7zhNKjucCmP4Al6hxxz0L5XuHhfzZuEhY1aZRG-Rf8Ac0_xSbrkpgf91f0hXLIUGv-I_0sSFOPf2vK2pjrmDt96MT695iBuEluGlTzwGKGYHZ2VlPE/s320/31.png



Karena disi saya tidak bisa menjelaskan dari awal pembentukan disebabkan karena undo dalam blender terbatas maka saya akan menjelaskan tekniknya saja pertama pilih add mesh lalu cube
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTYeWEkFH_pXkDdNpU5gpWXCbfqZGh-czXhoyy0q5ceixx_mtv3MiLC6RMT6mdI6ZaRYIYYn0fIrvKcL6W45FpBkVHXvq787iTGSDwIAhepwke31J1rlSw5Rt60MB7AuC5XgBeflE9u3A/s320/32.png



Pertama masuk ke ediit mode daj Klik ctrl+R untuk membagi objek menjadi beberapa bagianseperti ada gambar diatas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrWqbMxDQf2s6nR9YsDPariL9UaN4O8inEAgI7O7Tc43ELLuoj7ZiuaBH2OcuOHzQop6vIKn9pBGqhXco8jkbW2O4iIiWbav7yDW3VoAgeKDluQikiQwZcNSc1DF-2q4zVWs72p5jWbdg/s320/33.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgznQoePOMkjiGzYL8wBfb5AdK30dXp6gWoiQ373jrNXWTZhhyphenhyphen7Tw_f8N78-zqXxe-jttexIw0dIbZM9wglRd4x4VXYtPGy66WZQNQUjK00J2DqEEZw6GOeeW2PLLKKyqkf5SjA3TtJbkM/s320/34.png
Setelah itu pilih face select dan ketikan “E” untuk meng extrude bagian yang diblokhttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_-0wN-kyhch5VuhfoncHJeE46aBna_ae21Q4fqH9WN1v1Za4ToeqB_4XrTGifn3Exsxhe6zgtAX-3qwRhX3rLfH3NQdoJ8OCM2JIjf-eQuhNzEOVBpznK-QVa5cKfY-MMvdSSN7DTjqQ/s320/35.png

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKwb50qDdQ_Au_-jYNZM5u4DsMXovpZqQsXOfS0ZUd5Hy_lDSPfJ7gGd0zK0KrSJKBKf-eu2rTwQNobpoLJUBdt9lRQUPEZDG1PrhYE0mL__fKXbNf60Q_8haJ9HeOiFuhfvM0MJuItng/s320/36.png


Setelah pembuatan selesai selanjutnya [rpses pergerakan atau rigging animasi, sama seperti objek manusia kita tinggal mengatur waktu pada fram dan atur pergerakan objek setelah selesai klik “i” dan pilih locrotscale dan fram yang bergaris hijau pun akan menjadi kuning dan itu tandanya pergerakan telah terkunci
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5rh1wuOACBIsYYUjCvgHitviTriinN9aZ4mLe60HrrGNQAz3oSJM9jREX_Xc6INOcwaXsX_cFXBXvEEIUwTp6lw5qKoL2h_fhRR6VrFCUampE1UgK87hKJdmnINRKgoRYRzyjnYM1Pqs/s320/37.png

Setelah proses proses rigging selesai kita perlu mewarnai objek tersebut, untuk mewarnai onjek pertama pilih material lalu pilih “+” pilih warna pada diffuse setelah itu blok bagian yang ingin diwarnai dan pilihh assign




PENUTUP

Dari makalah yang dibuat dapat disimpulkan pada software yang digunakan yaitu blender tidak hanya bisa membuat berbagai bentuk objek tetapi juga dapat digerakkan sesuai keinginan, kita dapat membuat animasi 3D atau game dari blender ini. Membentuk objek dengan mengatur perbesaran dengan menggunakan tombol s, memutar rotasi dengan menggunakan tombol r dan membagi beberapa bidang dengan menggunakan tombol ctrl+l. dan dengan software ini juga kita dapat merender animasi yang dibuat bahkan dapat menambahkan efek suara pada animasi yang dibuat.
Software blender sangat mudah dipahami dan untuk menjadikan sebuah animasi bergerak pun terbilang mudah.Mencoba aplikasi ini untuk membuat animasi karna blender menyediakan banyak fitur yang berguna untuk pembuatan objek, animasi, ataupun game.Software ini juga bersifat open source atau sumber terbuka yang dapat dimanfaatkan, digunakan oleh semua user.
DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar