MAKALAH ANIMASI SOFTWARE BLENDER
“ANIMASI ,AKIBAT MEMBUANG
SAMPAH SEMBARANGAN”
Disusun Oleh :
Kelompok 9
“Animasi , Akibat Membuang Sampah Sembarangan
”
Alvin
Sulvian
50413743
Arif
Rachman
51413331
Junio Rohimton 54413735
Muchamad Rizky
A 55413667
KELAS 3IA04
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
Mata Kuliah : Desain Pemodelan Grafik (Softskill)
Dosen : Ibu Yuli Maharetta Arianti
ANIMASI
,AKIBAT MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN
Pendahuluan
Saat ini banyak bermunculan
produk-produk animasi 3D. Banyak program tayangan di televisi memberi tayangan
film-film kartun 3D, animasi kartun yang dulunya hanya 2D sekarang ini dapat
kita saksikan dirubah menjadi bentuk kartun 3D. Iklan-iklan yang biasanya di
siarkan-pun akhir-akhir ini banyak ditampilkan animasi-animasi bentuk 3D.
Begitu pula produsen-produsen game terkemuka yang memang lebih dulu mencicipi
dunia 3D, semakin gencar menciptakan produk-produk game yang kian hari
animasinya terasa semakin nyata. Mungkin tak ada salahnnya apabila saat ini
disebut sebagai era 3D.
Dari fenomena di atas penulis ingin
menjelaskan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bentuk –
bentuk 3D yaitu aplikasi blender.aplikasi ini sudah dikenal oleh halayak ramai
oleh karena itu tidak ada salah nya untuk lebih menngetahui tentang apa itu
aplikasii blender.
Agar kita lebih mengetahui apa itu
aplikasi blender dan untuk mengetahui bagaimana caranya untuk membuat bentuk –
bentuk 3D itu kita harus mengetahui :
1. Apa itu
aplikasi blender ?
2. Bagaimana
sejarah Aplikasi Blender ?
3. Apa saja
yang terdapat pada apikasi blender ?
4. Apa
kelebihan aplikasi blender ?
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
Jika dahulu membuat animasi
membutuhkan aplikasi yang mahal dengan tingkat kerumitan yang tinggi, kini hal
tersebut bisa diatasi dengan hadirnya Blender.Aplikasi yang namanya mirip
peralatan dapur ini menawarkan penggunaan yang lebih mudah dan gratis
pula.Pengertian mudah di sini memang bukan berarti segampang menggunakan
aplikasi seharihari, tapi tetap saja, jika dibandingkan dengan aplikasi
terdahulu yang membutuhkan skill tinggi, Blender menawarkan penggunaan yang
lebih mudah.
Blender
merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat
di gunakan di berbagai macam OS (Operating System).Ini digunakan untuk
dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU
General Public License).
Blender
adalah gratis, open sourcegrafis
3D aplikasi yang dapat digunakan untuk modeling , UV membuka
bungkusan, texturing, rigging , air dan
simulasi asap, menguliti , animasi , rendering, partikel dan lain simulasi , non-linear
editing , compositing, dan
membuat interaktif 3D aplikasi, termasuk video game, film animasi, atau efek
visual. fitur-fitur Blender termasuk alat simulasi canggih seperti kaku,
realistis, tubuh, kain dan dinamika fluida softbody, berdasarkan pemodelan
alat-modifier, animasi karakter tools canggih, sebuah bahan berbasis node dan
sistem compositing dan Python untuk scripting tertanam. Dirilis
sebagai perangkat lunak bebas di bawah
GNU General Public License, Blender tersedia untuk sejumlah sistem
operasi , termasuk GNU
/ Linux , Mac OS X , FreeBSD , OpenBSD dan Microsoft Windows .
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan
objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang
telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar
atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia,
hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang
lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan
alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut.
Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang
tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
B.
Sejarah
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang
bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo.NeoGeo adalah berkembang pesat
sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu
perusahaan animasi terdepan di Eropa.Ton Roosendaal selain bertanggung jawab
sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software
internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah
software yang pada akhirnya dinamakan Blender.Setelah diamati ternyata Blender
memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo.Lalu pada
tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk
mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk
menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis
dan dapat digunakan oleh masyarakat computer
yang
umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar
saat itu.Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN
lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher.Sasaran pasar
software ini adalah untuk web 3D interaktif.Angka penjualan yang rendah dan
iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup.Punutupan
ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena
tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan
organisasi non profit yang bernama Blender Foundation.Tujuan utama Blender
Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek
open source.Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU
General Public License.
C. Fitur – fitur
Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan
kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D,
3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000
download dari rilis masing-masing.
Fitur termasuk:
· Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan
NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier
stack deformers; model Mesh; Python Scripting
· Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone;
B-splines interpolated tulang
· Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci
untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran
Audio; sistem kendala animasi
· Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek
pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render
baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur
proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
· UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut
unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta
UV
· Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan
Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
· Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke
mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
· Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter
node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor;
sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
· Realtime 3D/Game Penciptaan: editor
grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron
Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga
statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk
kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting;
Audio
· Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL
seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows
(98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi
lainnya .
· Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng
memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
· Lebih dari 200.000 download
(pengguna) dari seluruh dunia
Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendaH
D. Konsep dasar
Dalam project kelompok kami kali ini
kami akan membuat sebuah animasi menggunakan blender, gambaran dari inimasi
yang akan kami buat adalah bertema sosial diamana dalam animasi tersebut ada
seorang manusia yang membuang sampah sembarang, padahal di sana terdapat tempat
sampah, setelah itu si tempat sampah memakan orang yang membuat sampah
sembarangan tersebut, di dalam animasi tersebut terdapat pesan sosial dimana
kita sebagai manusia yang baik harus membuang sampah pada tempatnya agar
lingkungan kita tidak kotor. Berikut adalah cara membuat animasi dan
teknik-teknik yang digunakan dalam pembuatan animasi tersebut
E. Tahapan
pembuatan animasi
Pertama dalam pembuatan animasi kita buka software blender terlebih
dahulu.
Dalam pembuatan animasi ini kita
membutuhkan beberapa objek diantaranya tempat/wilayah, orang, dan
tempat sampah.
Pertama saya akan menjelaskan objek
manusia, dalam pembuatannya agar bisa bergerak digunakan proses rigiing,pertama
disini kita memerlukan objek manusia terlebih dahulu.
Pertama kita membuat Cube Dengan
menekan tombol Shift + A à pilih cube
Selanjutnya
di potong menjadi dua bagian CTRL + R
Lalu
di Hapus agar langkah selanjutnya bias membuat lebih mudah EDIT MODE yaitu di
mirror seperti gambar dibawah ini
Setelah objek sudah ada, kita gunakan
teknik rigging, teknik rigging sendiri adalah proses pemberian tulang
pada objek agar objek tersebut dapat digerakan sesuai dengan tulang tersebut,
rigging biasanya digunakan dalam objek hidup seperti manusia binatang dan
character lainnya.
Untuk membuat tulang pilih
add-amature-single bone dan akan muncul seperti gambar dibawah ini
Setelah tulang muncul gunakan teknik extrud dengan menekan “E” dan tarik pada sumbu yang di kehendaki, teknik extrude sendiri adalah teknik percabangan dalam blender. Cocokan tulang sesuai sendi yang ingin kita buat , setelah selesai maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
Setelah tulang terbuat semua
selanjutnya kita harus menyatukan objek manusia dengan tulang yang telah kita
buat sebelumnya, pertama kita blok objek manusia lalu shift dan blok lagi
tulanya, dan klik ctrl+p dan pilih with automatic weight seperti pada gambar
dibawah ini
Maka siaplah kita untuk menggerakan objek tersebut, untuk
memulai menggerakan objek pertama masuk ke pose pose mode
Pertama kita harus memperhatikan frame diatas, yang berfungsi sebagai waktu seberapa lama kita bergerak
Pertama kita harus memperhatikan frame diatas, yang berfungsi sebagai waktu seberapa lama kita bergerak
Setelah masuk ke pose mode kita pilih tulang yang ingin
di gerakan atau diubah posisinya, ketikan “R” untuk rotasi dan pilih sumbu yang
di inginkan
Setelah pergeseran selesai klik I dan pilih locrotscale
untuk mengunci pergerakan yang telah kita buat sebelumnya.
Setelah proses proses rigging selesai kita perlu mewarnai
objek tersebut, untuk mewarnai onjek pertama pilih material lalu pilih “+”
pilih warna pada diffuse setelah itu blok bagian yang ingin diwarnai dan pilihh
assign
Membuat temoat sampah
Dalam pembuatan tempat sampah sebenarnya sama dengan objek kebanyakan yaitu berasal dari cube,ada beberapa cube yang dibutuhkan yaitu untuk membuat penutup,wadah dan rodah dan beberapa teknik yang digunakan didalamnya yaitu
Dalam pembuatan tempat sampah sebenarnya sama dengan objek kebanyakan yaitu berasal dari cube,ada beberapa cube yang dibutuhkan yaitu untuk membuat penutup,wadah dan rodah dan beberapa teknik yang digunakan didalamnya yaitu
Objek
tersebut dinamakan Plane langkah awal membuat jalanan
Pertama
buat objek shift + a mesh pilih plane diskala
Dan
di edit mode tombol CTRL + R di gari beberapa bagian menjadi gambar dibawah
Selanjutnya
jalanan tersebut di buat banyak atau di perpanjang seperti jalanan pada
umumnya, properties pilih add modifier array masukan angka pada Count 3
Karena disi saya tidak bisa menjelaskan dari awal
pembentukan disebabkan karena undo dalam blender terbatas maka saya akan
menjelaskan tekniknya saja pertama pilih add mesh lalu cube
Pertama masuk ke ediit mode daj Klik ctrl+R untuk membagi
objek menjadi beberapa bagianseperti ada gambar diatas
Setelah
pembuatan selesai selanjutnya [rpses pergerakan atau rigging animasi, sama
seperti objek manusia kita tinggal mengatur waktu pada fram dan atur pergerakan
objek setelah selesai klik “i” dan pilih locrotscale dan fram yang bergaris
hijau pun akan menjadi kuning dan itu tandanya pergerakan telah terkunci
Setelah proses proses rigging selesai kita perlu mewarnai objek tersebut, untuk mewarnai onjek pertama pilih material lalu pilih “+” pilih warna pada diffuse setelah itu blok bagian yang ingin diwarnai dan pilihh assign
PENUTUP
Dari makalah yang dibuat dapat disimpulkan pada software
yang digunakan yaitu blender tidak hanya bisa membuat berbagai bentuk objek
tetapi juga dapat digerakkan sesuai keinginan, kita dapat membuat animasi 3D
atau game dari blender ini. Membentuk objek dengan mengatur perbesaran dengan
menggunakan tombol s, memutar rotasi dengan menggunakan tombol r dan membagi
beberapa bidang dengan menggunakan tombol ctrl+l. dan dengan software ini juga
kita dapat merender animasi yang dibuat bahkan dapat menambahkan efek suara
pada animasi yang dibuat.
Software blender sangat mudah dipahami dan untuk menjadikan
sebuah animasi bergerak pun terbilang mudah.Mencoba aplikasi ini untuk membuat
animasi karna blender menyediakan banyak fitur yang berguna untuk pembuatan
objek, animasi, ataupun game.Software ini juga bersifat open source atau sumber
terbuka yang dapat dimanfaatkan, digunakan oleh semua user.
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar